Audit tahap 2 adalah untuk mengevaluasi implementasi, termasuk efektifitas sistem manajemen perusahaan. Audit tahap 2 dilaksanakan di lokasi pelanggan. Audit mencakup minimal hal-hal berikut :
- informasi dan bukti tentang kesesuaian untuk seluruh persyaratan sistem manajemen yang berlaku atau dokumen normatif lainnya
- pemantauan, pengukuran, pelaporan, dan pengkajian kinerja dibandingkan dengan sasaran dan target kinerja yang utama (sesuai dengan harapan dalam sistem manajemen atau dokumen normatif lainnya yang berlaku)
- sistem manajemen dan unjuk kerja pelanggan terkait pemenuhan legal
- pengendalian operasional proses-proses di pelanggan
- internal audit dan kaji ulang manajemen
- tanggung jawab manajemen untuk kebijakan Perusahaan
- hubungan antara persyaratan normatif, kebijakan, sasaran dan target kinerja (sesuai dengan harapan dalam sistem manajemen atau dokumen normatif lainnya yang berlaku), setiap persyaratan legal yang berlaku, tanggung jawab, kompetensi personel, operasional, prosedur, data kinerja dan temuan internal audit dan kesimpulan